Wednesday, November 29, 2023

Inabuyer EV EXPO 2023: Pameran Sepeda Motor Listrik dan Ekosistem Terbesar di Indonesia Telah Dibuka

otobuzzer.com EV Expo 2023


Jakarta, 28 November 2023 —  Hari ini telah dibuka secara resmi Inabuyer EV EXPO 2023: Pameran Sepeda Motor Listrik dan Ekosistem Terbesar di Indonesia bertempat di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta oleh Hanung Harimba Rachman, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM (Mewakili Menteri Koperasi dan UKM); Budihardjo Iduansjah, Chairman of Asian Trade, Tourism, and Economic Council (ATEC), sekaligus Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO); Budi Setiyadi, Ketua Umum Asosiasi Motor Listrik Indonesia (AISMOLI); dan Agus Tjahajana Wirakusumah, Staf Khusus Menteri Kementerian ESDM.

 

Inabuyer EV EXPO 2023 diselenggarakan oleh AISMOLI, SMESCO dan Spectindo Event Organizer dan didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perhubungan, Kementerian Koperasi & UKM, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO).

 

Budihardjo Iduansjah, Chairman ATEC dan Ketua Umum HIPPINDO menyampaikan bahwa, “Sesuai dengan arahan Bapak Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM dimana kami diminta untuk menjadikan SMESCO menjadi pusat pameran UKM di Indonesia, pameran B2B, B2G, dan B2C untuk itu kami senantiasa berkolaborasi dengan berbagai pihak mulai dari kementerian, lembaga, asosiasi dan komunitas guna menyelenggarakan Expo untuk mendukung program-program pemerintah.”

 

Menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Umum dan program 1 (satu) juta kendaraan listrik untuk karyawan ritel dan ekosistemnya maka HIPPINDO menyambut baik upaya percepatan konversi ke kendaraan listrik.

 

Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum HIPPINDO menambahkan, “Kami berharap di EXPO ini perusahaan, karyawan dan ekosistem ritel maupun BUMN, Pemerintah Pusat dan Daerah dapat hadir di acara EXPO, bisa memilih kendaraan listrik, mendapatkan diskon dan mendapatkan peluang bisnis dan kolaborasi melalui Business Matching B2B2G dan B2C.”

 

 Budi Setiyadi, Ketua Umum AISMOLI (Asosiasi Motor Listrik Indonesia) menyampaikan,”Kami optimis acara ini berjalan dengan sukses dengan target pengunjung 7.500 dan pembelian motor listrik sebanyak 200.000 selama 3 hari expo berlangsung. Semoga acara ini juga bisa menjadi media promosi dan edukasi mengenai motor listrik sebagai solusi ramah lingkungan sekaligus mendukung upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Inabuyer EV EXPO 2023 menjadi tempat bagi pemerintah, para pebisnis, dan masyarakat umum untuk saling terlibat serta mendorong kolaborasi guna menemukan peluang-peluang baru di industri yang semakin berkembang ini.

 

 Inabuyer EV EXPO 2023, pameran terbesar sepeda motor listrik dan ekosistemnya di Indonesia, resmi dibuka hari ini di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta. Acara ini menjadi ajang untuk memamerkan sepeda motor listrik, motor konversi, serta teknologi dan inovasi terkini yang akan membentuk masa depan transportasi di Indonesia.


Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Jerry Sambuaga, pada sambutannya  menjelaskan bahwa, “Acara ini merupakan kesempatan luar biasa untuk mempromosikan kendaraan listrik dan dalam periode Januari hingga Oktober 2023 merupakan akumulasi neraca perdagangan mencapai surplus sebesar 31,2 miliar USD, menandakan bahwa nilai ekspor lebih tinggi daripada impor. Pernyataan bahwa kita terus melakukan impor tidak sepenuhnya akurat. Indikator lain yang mencerminkan performa ekonomi yang baik meliputi pertumbuhan ekonomi yang stabil di angka 5%, menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari tiga negara teratas di antara G20.”

 

Jerry Sambuaga menambahkan, “Inflasi yang tetap di bawah 4% juga menjadi bukti positif yang mendukung semangat berjualan. Dalam konteks ekspor, sebagian besar barang yang dikirim adalah barang industri, mencapai 74,2%. Ini berarti bahwa kita mengirimkan barang yang sudah diproses, meningkatkan nilai tambah, seperti contohnya nikel yang dapat bernilai 5 kali lebih mahal. Selain meningkatkan nilai ekspor, hal ini juga berdampak positif terhadap penciptaan lapangan pekerjaan. Dengan 46 perwakilan dagang yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Dubes WTO, KDEI Taipei, Konsul Dagang, 24 Atase Perdagangan, dan 19 Indonesia Trade Promotion Centre, pelaku usaha dari industri sepeda motor listrik dapat memanfaatkan jaringan ini untuk mempromosikan produk-produk lokal. Ini sejalan dengan semangat untuk terus menunjukkan gerakan "Bangga Buatan Indonesia" dan mendukung UMKM lokal.”

 

Agus Tjahajana Wirakusumah, Staf Khusus Menteri Kementerian ESDM, mengemukakan bahwa “Kenaikan emisi terus meningkat seiring dengan tingginya pemakaian kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan penggunaan motor listrik sebagai bagian dari inisiatif dekarbonisasi. Dari total 127 juta kendaraan BBM, jika 20% di antaranya dapat dikonversi menjadi motor listrik, hal tersebut dapat mengurangi emisi karbon sebanyak 16.8 juta ton.”

 

“Oleh karena itu, pemerintah diharapkan membentuk ekosistem yang mendukung melalui program seperti bengkel konversi motor, Sistem Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), insentif untuk pembelian motor listrik, dan workshop konversi. Peran dari sektor ritel dianggap sangat penting dalam membantu penjualan baterai dan komponen pendukung lainnya untuk sepeda motor listrik. Dengan melibatkan retail, diharapkan dapat mempercepat adopsi motor listrik dan menciptakan lingkungan yang mendukung transformasi menuju kendaraan beremisi rendah,” tambah Agus.

 

Hanung Harimba Rachman, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM dalam kapasitasnya mewakili Menteri Koperasi dan UKM menyampaikan, “Expo ini merupakan expo sepeda motor listrik terbesar, sejalan dengan upaya untuk selalu menyelenggarakan kegiatan semacam ini di Indonesia. Melalui acara ini, kita dapat membangun ekosistem dan kolaborasi yang saling mendukung untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang diinginkan. Expo ini juga menjadi bukti nyata kolaborasi antara pemerintah, BUMN, swasta, dan UMKM dalam mendukung penggunaan sepeda motor listrik bagi masyarakat lokal. Harapan kita adalah SMESCO dapat menjadi pusat pengembangan UMKM dengan basis ekonomi hijau, terutama mengingat prediksi kerugian senilai Rp115 triliun pada 2024 akibat perubahan iklim.”

 

“Kami optimis bahwa Inabuyer EV EXPO dapat menjadi pendorong transaksi besar, membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas, dan menciptakan inovasi melalui teknologi berkelanjutan. Dengan demikian, acara ini tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga menjadi wahana untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan berkontribusi pada solusi terhadap tantangan perubahan iklim,” tambah Hanung.

 

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi luar biasa atas dukungan terhadap industri sepeda motor listrik dan UMKM di sektor otomotif. Beliau, mewakili Wakil Presiden, berharap agar acara ini dapat membimbing UMKM untuk menjadi lebih progresif dalam menghadapi tantangan dan menjadi penyedia komponen-komponen motor listrik.

 

Opening Ceremony diakhiri dengan penandatanganan MoU antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI). Kerjasama ini bertujuan untuk memajukan program konversi sepeda motor listrik dengan melibatkan peserta yang lebih luas. Selain itu, dilakukan juga penandatanganan MoU antara PT Asuransi Jasa Raharja Putra dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) untuk menyelenggarakan asuransi kendaraan sepeda motor listrik.

 

Pameran Inabuyer EV EXPO berlangsung mulai 28 November hingga 30 November 2023 dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Pentingnya partisipasi dalam acara ini ditekankan dengan penekanan bahwa masuk ke acara ini 100% GRATIS. Tujuan utama pameran ini adalah mempercepat target pengurangan subsidi bahan bakar, berkontribusi dalam upaya nyata mengurangi polusi udara, serta memfasilitasi pembelian kendaraan listrik oleh pemerintah pusat dan daerah sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2022. Inabuyer EV EXPO 2023 juga bertujuan membangun peluang bisnis kendaraan listrik melalui kemitraan dan kerjasama, meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), serta mendukung gerakan "Bangga Buatan Indonesia."

 

Acara ini tidak hanya menjadi wadah bagi merek kendaraan listrik (EV Brands) dan ekosistemnya, tetapi juga menyelenggarakan penjualan langsung dengan program insentif sebesar 7 juta rupiah dan tambahan diskon dari merek EV lokal. Business matching antara merek kendaraan listrik dengan target pembeli dari sektor swasta dan pemerintah diadakan di ruang business lounge secara terjadwal. Presentasi atau diskusi oleh ahli dan praktisi di bidang tertentu juga akan menjadi sorotan, bersama dengan peluang test drive bagi pengunjung untuk merasakan pengalaman langsung berkendara sepeda motor listrik.

 

Tidak ketinggalan, pertunjukan freestyle sepeda motor listrik yang memamerkan performa dan ketahanan sepeda motor listrik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Dengan demikian, Inabuyer EV EXPO 2023 menjadi panggung utama bagi kemajuan dan keberlanjutan industri kendaraan listrik di Indonesia.

 

 

Tentang Inabuyer EV EXPO 2023
Merupakan ajang berkumpulnya seluruh ekosistem Electric Vehicle dengan para stakeholder   terkait dan buyer dari pemerintah, BUMN, swasta serta masyarakat umum untuk mendukung percepatan program kendaraan listrik berbasis baterai dan ekosistemnya.

 

Tentang AISMOLI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia)

Merupakan sebuah asosiasi, perkumpulan dan wadah dari perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam Industri Kendaraan Bermotor Listrik, khususnya Sepeda Motor Listrik dan juga Bengkel Konversi yang berlokasi di Indonesia.

 

Tentang HIPPINDO (Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia)

Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) didirikan pada 8 Juni 2016 sebagai bentuk kepedulian untuk memajukan usaha dunia ritel yang semakin dinamis, khususnya para pelaku usaha baik skala mikro maupun skala besar yang memiliki gerai di pusat belanja. Melalui HIPPINDO, kerja sama yang erat antara para penyewa pusat belanja, pusat belanja itu sendiri, dan pemerintah dapat semakin ditingkatkan sehingga tercipta keseimbangan yang akan memberikan manfaat besar bagi semua pihak untuk dapat maju bersama. Hal ini tercermin dalam slogan HIPPINDO: “Bermitra Maju Bersama”. Hingga saat ini Hippindo memiliki anggota 300 perusahaan retail dan penyewa, 80.000 outlet, dan 800 brand.

 

Dasar Hukum pelaksanaan acara Inabuyer EV EXPO 2023 antara lain:

1.          Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Umum.

2.          Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perseorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

3.          Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

4.          Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pedoman Umum Bantuan Pemerintah dalam Program Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

 

Info lebih lanjut Inabuyer EV EXPO

Gedung Sarinah Jakarta Lantai 12, Jakarta Pusat 10350

Narahubung: 0812 8805 2536 (CS) / 0877 6594 7422 (Alika)

Email: spectindo@event.com

Website: www.inabuyer.com

Instagram: @inabuyercom






EmoticonEmoticon