Sunday, May 21, 2023

Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023


Pameran mobil listrik tahunan PEVS 2023 diselenggarakan mulai tanggal 17 Mei - 21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat yang diikuti oleh pabrikan mobil dibawah naungan Periklindo. Harga tiket pameran ini adalah 50 ribu kecuali untuk hari pertama sebesar 100 ribu karena premium day.

Pameran ini sangat membantu dan mengedukasi masyarakat yang belum memahami dan mengenal kendaraan listrik sehingga bisa didorong untuk mengenalnya. Untuk mengedukasi dan mengenalkan teknologi terbaru kendaraan listrik di pameran ini ada berbagai fasilitas seperti test drive mobil listrik, test ride motor listrik, seminar, talkshow dan masih banyak lagi sehingga masyarakat akan merasakan langsung mengendarai kendaraan listrik.

Berbagai macam kendaraan listrik disuguhkan di pameran ini seperti motor, mobil, kendaraan niaga yang semua berbasis baterai bukan hybrid serta konversi kendaraan dari mesin konvensional menjadi kendaraan listrik. Untuk kendaraan niaga ditampilkan bus, minibus dan truck listrik yang sangat ramah lingkungan zero emision. Untuk mobil dan motor listrik juga ditampilkan kendaraan yang baru diluncurkan dan diperkenalkan seperti DFSK Seres E1, Wuling Binggo, Keeway Anne, dan masih banyak lagi. Sedangkan konversi kendaraan listrik ditampilkan oleh Elders yang khusus mengkonversi Vespa dan kendaraan lawas lainnya menjadi motor listrik dengan berbagai bentuk seperti roda tiga dan juga menjadi kendaraan niaga. Di booth PLN juga ditampilkan motor yang sudah dikonversi menjadi motor listrik seperti vespa, motor trail Klx, dan Honda CB. Tp sayangnya belum banyak informasi yang kami temukan mengenai konversi kendaraan listrik ini baik dari segi biaya maupun tempat mengkonversinya. Semoga kedepan makin banyak informasi mengenai hal ini.

Untuk industri pendukung di pameran ini banyak kami jumpai seperti alat charging, baterai, alat pemadam kebakaran khusus baterai seperti ditampilkan oleh Hartindo yang menjelaskan bahwa alat pemadam api untuk baterai kendaraan listrik berbeda dengan apar untuk api biasa karena perbedaan suhu api di baterai adalah dua kali lipat dari api kebakaran biasa. Ini adalah hal yang belum diketahui banyak orang dan di pameran ini masyarakat diedukasi mengenai hal ini agar dapat melakukan antisipasi ketika mempunyai kendaraan listrik.

Kemudian ada booth yang menampilkan jual beli motor listrik berbagai merk dan mendapatkan diskon sesuai dengan subsidi dari pemerintah yaitu sebesar 7 juta. Hal ini menarik sekali minat masyarakat untuk mengunjungi booth ini karena ingin mendapatkan informasi seberapa besar harga yang diberikan penjual jika ingin memiliki motor listrik setelah mendapatkan harga subsidi. Jadi semua brand disini memang memanfaatkan program subsidi pemerintah untuk memudahkan masyarakat memiliki kendaraan listrik baik mobil maupun motor.

Ada juga booth Kurnia Motor yang menampilkan mobil listrik murah dengan garansi buyback selama 5 tahun. Ini sangat menarik karena mobil yang mereka tawarkan harganya jauh lebih murah dari harga Wuling Airev yang saat ini diklaim mobil listtik yang paling murah yaitu 250 jutaan. Kurnia Motor ini menawarkan varian K-Kooper seharga 85 jutaan on the road. Ditambah ada bonus motor listrik. Sangat murah bukan? Jika anda tertarik kami sarankan anda untuk melihat langsung unitnya dan juga melakukan test drive terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas dari mobil ini apakah sesuai dengan ekspektasi anda. Mumpung ada fasilitas test drive.

Di arena outdoor pameran ini disediakan fasilitas test drive yang sangat membantu masyarakat untuk merasakan langsung produk kendaraan listrik yang diminatinya baik itu motor maupun mobil listrik. 

Untuk mobil listrik premium juga dipamerkan dari Prestige yang menampilkan Tesla model Y, Tresla model 3, serta Renault Megane E-tech. Mercedes menampilkan EQS, Mini Cooper 3 doors listrik. BMW menampilkan iX dan i4. Hyundai menampilkan Ioniq 5. MG menampilkan MG4EV. 

Tidak luput dari pembiayaan kendaraan listrik, Mandiri Tunas Finance juga tampil di event ini untuk membantu masyarakat memiliki kendaraan listrik dengan cara kredit.

Bagi anda yang belum sempat datang di pameran ini bisa menyaksikan liputan otobuzzer di arena pameran di video dibawah ini ya.






EmoticonEmoticon