Tuesday, February 13, 2018

Bahan Untuk Membersihkan Ruang Mesin dan Engine Care Toyota Avanza di Auto2000

Ketika anda melakukan service berkala di bengkel resmi Toyota Auto2000 Tebet Saharjo, anda akan ditawari paket perawatan ruang mesin dan engine care. Memang perawatan ruang mesin dan mesin sangat diperlukan, paling tidak setiap 6 bulan sekali agar kondisi mesin terjaga kebersihannya untuk menghindari kotoran yang mungkin masuk ke sela-sela komponen mesin sehingga mengakibatkan kerusakan. Harga untuk melakukan perawatan ini adala sekitar 200 ribuan belum pajak.

www.otobuzzer.com

Bahan-bahan apa sajakah yang dipakai oleh teknisi Auto2000 untuk melakukan service Engine Care ini?

1. 3M All Purpose Cleaner

Jika kita lihat di keterangan di bagian belakang kemasan, cairan ini berguna untuk menghilangkan noda, minyak dan tanah pada area mesin sebagai awal dari proses membersihkan ruang mesin. Kemudian cairan ini tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya sehingga tidak merusak cat kendaraan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal diharuskan untuk langsung menggunakan cairan ini untuk membersihkan area kotor yang diinginkan tanpa disiram air terlebih dahulu. Setelah selesai baru dibilas dengan air bersih.

Cara menggunakan All Purpose Cleaner ini adalah:
  • Menyemprotkan cairan ini ke permukaan yang akan dibersihkan langsung tanpa proses cuci dengan air agar hasilnya maksimal.
  • Gunakan alat seperti sikat halus atau bila perlu kuas di permukaan kotor yang akan dibersihkan.
  • Lakukan proses bilas di permukaan yang sudah dibersihkan All Purpose Cleaner dengan air bersih.
  • Agar aman dalam menggunakan bahan ini disarankan untuk menggunakan kacamata dan sarung tangan untuk menghindari iritasi kulit dan tidak terkena mata.
  • Jika terjadi iritasi pada kulit maka disarankan untuk membasuh dengan air sebanyak mungkin dan jika iritasi berlanjut harus menghubungi dokter. Oleh karena itu disarankan digunakan oleh teknisi profesional.


2. 3M Heavy Duty Cleaner

Dari namanya saja sudah heavy duty cleaner, sudah pasti digunakan untuk membersihkan noda-noda yang sulit dihilangkan dengan 3M All Purpose Cleaner. Jika dibaca di sampul kemasannya tertulis bahwa cairan ini berguna untuk membersihkan kotoran yang sulit dihilangkan, menghilangkan bintik-bintik air pada permukaan ruang mesin, dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya sehingga tidak merusak cat kendaraan.

Sama dengan cairan sebelumnya, sebaiknya digunakan langsung pada permukaan yang kotor tanpa disiram air terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Adapaun cara membersihkannya adalah sebagai berikut:
  • Semprotkan cairan ini ke area yang ingin dibersihkan kemudian diamkan selama 2 menit agar cairan tersebut bekerja.
  • Bersihkan area yang sudah disemprot tadi dengan sikat halus atau kuas.
  • Setelah bersih, bilas dengan air bersih.
  • Penting untuk diperhatikan, jangan menggunakan cairan ini untuk membersihkan permukaan mesin, permukaan kaca dan permukaan yang tidak dilapisi cat atau coating. Jadi hanya tempat atau bagian dinding ruang mesin saja yang bisa dibersihkan karena sudah ada coating atau cat.
  • Untuk keamanan harus menggunakan sarung tangan dan kaca mata. 
  • Jika terkena kulit dan kemudian menimbulkan iritasi sebaiknya dibasuh dengan air sebanyak-banyaknya. Jika sakit berlanjut hubungi dokter.

3. 3M Engine Dressing

Engine Dressing ini sepertinya digunakan untuk finishing alias mengkilapkan hasil akhir pekerjaan agar tampil kinclong karena jika dibaca dari sampul depannya berguna untuk mengkilapkan tampilan mesin anda. Cairan ini adalah semir berbahan dasar air dan silikon. Cara memakainya dalah dengan menyemprotkan langsung ke area permukaan yang telah dibersihkan. Agar hasilnya maksimal, lap area yang sudah disemprot tadi dengan kain.

Untuk keamanan pemakaian, sama seperti dua cairan diatas agar menghindarkan cairan ini tidak terkena tubuh, pakaian, dan mata. Jika terjadi iritasi harus dibasuh dengan air sebanyak-banyaknya. 

Demikian ulasan tentang bahan apa saja yang digunakan oleh teknisi Auto2000 dalam melakukan service engine care alias membersihkan mesin dan ruang mesin.

Keep safety driving ya..



EmoticonEmoticon